KEBIJAKAN PRIVASI

  1. PENDAHULUAN

    1. Selamat datang di platform www.lenteradana.co.id atau SPayLater (“Platform”) yang dioperasikan oleh PT Lentera Dana Nusantara dan afiliasinya serta anak perusahaannya (secara sendiri-sendiri dan bersama-sama juga disebut ”Lentera“ atau ”kami“). Lentera dengan serius bertanggung jawab berdasarkan peraturan perundang-undangan tentang privasi yang berlaku (“Peraturan Privasi“) dan berkomitmen untuk menghormati hak dan masalah privasi semua pengguna Platform kami (secara bersama-sama kami menyebut Platform dan layanan yang kami sediakan sebagaimana yang dijelaskan dalam Platform kami sebagai ”Layanan“). Kami mengakui pentingnya data pribadi yang telah Anda percayakan kepada kami dan percaya bahwa merupakan tanggung jawab kami untuk mengelola, melindungi dan mengolah data pribadi Anda dengan baik. Kebijakan Privasi ini (“Kebijakan Privasi“ atau ”Kebijakan“) dirancang untuk membantu Anda memahami bagaimana kami mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau mengolah data pribadi yang telah Anda berikan kepada kami dan/atau kami miliki tentang Anda, baik di masa sekarang maupun di masa mendatang, serta untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat sebelum memberikan data pribadi Anda kepada kami. Silakan baca Kebijakan Privasi ini dengan cermat. Apabila Anda memiliki pertanyaan tentang informasi ini atau praktik privasi kami, silakan lihat bagian yang berjudul ”Pertanyaan, Masalah atau Keluhan? Hubungi Kami“ di akhir Kebijakan Privasi ini.
    2. ”Data Pribadi" atau ”data pribadi“ berarti data, baik benar maupun tidak, tentang individu yang dapat diidentifikasi dari data tersebut, atau dari data dan informasi lainnya yang dapat atau kemungkinan dapat diakses oleh suatu organisasi. Contoh umum data pribadi dapat mencakup nama, nomor identifikasi dan informasi kontak.
    3. Dengan menggunakan Layanan, mendaftarkan akun pada kami, mengunjungi Platform kami, atau mengakses Layanan, Anda mengakui dan setuju bahwa Anda menerima praktik, persyaratan, dan/atau kebijakan yang diuraikan dalam Kebijakan Privasi ini, dan Anda dengan ini mengizinkan kami untuk mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau mengolah data pribadi Anda seperti yang dijelaskan di sini. APABILA ANDA TIDAK MENGIZINKAN PENGOLAHAN DATA PRIBADI ANDA SEPERTI YANG DIJELASKAN DALAM KEBIJAKAN PRIVASI INI, MOHON JANGAN MENGGUNAKAN LAYANAN KAMI ATAU MENGAKSES PLATFORM KAMI. Apabila kami mengubah Kebijakan Privasi kami, kami akan memposting perubahan tersebut atau Kebijakan Privasi yang telah diubah pada Platform kami. Kami berhak untuk mengubah Kebijakan Privasi ini setiap saat.
  2. KAPAN LENTERA AKAN MENGUMPULKAN DATA PRIBADI?

    1. Kami akan/mungkin mengumpulkan data pribadi Anda:

      (a) saat Anda mendaftar dan/atau menggunakan Layanan atau Platform kami, membuka sebuah akun dengan kami atau mengajukan permohonan untuk fasilitas pinjaman;

      (b) saat Anda mengirimkan formulir apapun, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, formulir permohonan atau formulir lainnya yang berkaitan dengan produk dan layanan kami, baik secara online maupun dalam bentuk fisik;

      (c) saat Anda membuat perjanjian atau memberikan dokumen atau informasi lainnya sehubungan dengan interaksi Anda dengan kami, saat Anda mendapatkan fasilitas pinjaman atau saat Anda menggunakan produk dan layanan kami;

      (d) saat Anda berinteraksi dengan kami, seperti melalui sambungan telepon (yang mungkin direkam), surat, faks, pertemuan tatap muka, platform media sosial dan email;

      (e) saat Anda menggunakan layanan elektronik kami, dan/atau berinteraksi dengan kami melalui aplikasi kami atau menggunakan layanan di Platform kami. Ini termasuk, dengan tidak terbatas pada, melalui cookies yang mungkin kami gunakan saat Anda berinteraksi dengan aplikasi atau Platform kami;

      (f) saat Anda melakukan transaksi melalui Layanan kami;

      (g) saat Anda menyampaikan kritik dan saran atau keluhan kepada kami; atau

      (h) saat Anda mengirimkan data pribadi Anda kepada kami dengan alasan apapun.

      Daftar di atas tidak dimaksudkan sebagai suatu daftar yang lengkap dan hanya menetapkan beberapa contoh umum tentang kapan data pribadi Anda mungkin diambil.

    2. Saat Anda mengunjungi, menggunakan atau berinteraksi dengan Platform atau aplikasi seluler kami, kami mungkin mengumpulkan informasi tertentu secara otomatis atau pasif dengan menggunakan berbagai teknologi, di mana teknologi tersebut mungkin diunduh ke perangkat Anda dan mungkin menetapkan atau mengubah pengaturan pada perangkat Anda. Informasi yang kami kumpulkan dapat termasuk, dengan tidak terbatas pada, alamat Protokol Internet (IP), sistem operasi perangkat komputer/ seluler dan jenis peramban, jenis perangkat seluler, karakteristik perangkat seluler, Pengenal Perangkat Unik (UDID) atau mobile equipment identifier (MEID) untuk perangkat seluler Anda, alamat situs perujuk (jika ada), dan halaman yang Anda kunjungi pada Platform dan aplikasi seluler kami serta jumlah kunjungan. Kami hanya dapat mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau mengolah informasi ini untuk Tujuan (didefinisikan di bawah).
    3. Platform atau aplikasi seluler kami mungkin mengumpulkan informasi yang tepat tentang lokasi perangkat seluler Anda dengan menggunakan teknologi seperti GPS, Wi-Fi, dsb. Kami mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau mengolah informasi ini untuk satu Tujuan atau lebih. Dalam sebagian besar perangkat seluler, Anda dapat menarik izin Anda terhadap pemerolehan informasi yang kami lakukan tentang lokasi Anda melalui pengaturan perangkat Anda. Apabila Anda memiliki pertanyaan tentang bagaimana cara menonaktifkan layanan lokasi perangkat seluler Anda, silakan hubungi penyedia layanan perangkat seluler atau produsen perangkat Anda.
  3. DATA PRIBADI APA YANG AKAN DIKUMPULKAN OLEH LENTERA?

    1. Data pribadi yang mungkin dikumpulkan Lentera termasuk tetapi tidak terbatas pada:

      ● nama;

      ● nomor kartu identitas;

      ● alamat;

      ● tempat dan tanggal lahir;

      ● kewarganegaraan;

      ● pekerjaan;

      ● alamat kantor dan telepon;

      ● jenis kelamin;

      ● status perkawinan;

      ● alamat email;

      ● agama;

      ● informasi lain apapun tentang Pengguna saat Pengguna mendaftarkan diri untuk menggunakan Layanan atau Platform kami, dan saat Pengguna menggunakan Layanan atau Platform, serta informasi yang berkaitan dengan bagaimana Pengguna menggunakan Layanan atau Platform kami; dan

      ● seluruh data tentang konten yang digunakan Pengguna.

    2. Apabila Anda tidak ingin kami mengumpulkan informasi/data pribadi yang disebutkan di atas, Anda dapat menolaknya setiap saat dengan memberitahu kami secara tertulis tentang hal tersebut. Informasi lebih lanjut tentang penolakan pemberian izin atas pengumpulan informasi/data pribadi dapat ditemukan di bagian di bawah ini yang berjudul “Bagaimana Anda dapat menolak memberikan izin, menghapus, meminta akses atau mengubah informasi yang telah Anda berikan kepada kami?”. Akan tetapi harap diperhatikan bahwa menolak memberikan izin kepada kami atas pengumpulan data pribadi Anda atau menarik izin Anda terhadap pengumpulan, penggunaan atau pengolahan data pribadi Anda oleh kami dapat memengaruhi penggunaan Layanan oleh Anda. Contohnya, penolakan pemberian izin atas pengumpulan informasi lokasi akan menyebabkan fitur-fitur berbasis lokasi tidak dapat digunakan.
  4. MEMBUAT AKUN

    Untuk menggunakan fungsi tertentu dari Layanan, Anda harus membuat akun pengguna yang mengharuskan Anda untuk menyerahkan data pribadi tertentu. Saat Anda mendaftar dan membuat akun, kami mewajibkan Anda untuk memberikan nama dan alamat email Anda serta nama pengguna yang Anda pilih. Kami juga akan menanyakan informasi pribadi lainnya untuk kepentingan uji tuntas pengguna dan analisis pinjaman sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    Pada saat mengaktifkan akun Anda, Anda akan memilih nama pengguna dan kata sandi. Nama pengguna dan kata sandi Anda akan digunakan agar Anda dapat mengakses dan memelihara akun Anda secara aman.

  5. MELIHAT HALAMAN WEB

    Sama seperti kebanyakan platform, komputer/perangkat seluler Anda mengirimkan informasi yang mungkin mencakup data pribadi tentang Anda yang dicatat oleh server web saat Anda menjelajahi Platform kami. Ini biasanya termasuk dengan tidak terbatas pada alamat IP komputer, sistem operasi, nama/versi peramban Anda, halaman web perujuk, halaman yang diminta, tanggal/waktu, dan terkadang ”cookie“ (yang dapat dinonaktifkan dengan menggunakan preferensi peramban Anda) guna membantu Platform mengingat kunjungan terakhir Anda. Apabila Anda login, informasi ini dikaitkan dengan akun pribadi Anda. Informasi juga disertakan dalam statistik anonim untuk memungkinkan kami memahami bagaimana pengunjung menggunakan Platform kami.

  6. COOKIES

    1. Dari waktu ke waktu kami mungkin mengimplementasikan ”cookies“ atau fitur lainnya guna memungkinkan kami atau pihak ketiga untuk mengumpulkan atau berbagi informasi yang akan membantu kami meningkatkan Platform kami dan Layanan yang kami tawarkan, atau membantu kami menawarkan layanan dan fitur baru. “Cookies” adalah pengidentifikasi yang kami transfer ke komputer atau perangkat seluler Anda yang memungkinkan kami mengenali komputer atau perangkat Anda dan memberi tahu kami bagaimana dan kapan Layanan atau Platform digunakan atau dikunjungi, oleh berapa banyak orang serta melacak pergerakan dalam Platform kami. Kami dapat menautkan informasi cookie ke data pribadi. Cookies juga tertaut pada informasi tentang barang yang telah Anda pilih untuk dibeli dan halaman yang telah Anda lihat. Sebagai contoh, informasi ini akan digunakan untuk merekam keranjang belanja Anda. Cookies juga digunakan untuk mengirimkan konten yang sesuai dengan minat Anda dan memantau penggunaan Platform.
    2. Anda dapat menolak penggunaan cookies dengan memilih pengaturan yang sesuai pada peramban Anda. Akan tetapi, harap diperhatikan bahwa apabila Anda melakukan hal ini, Anda mungkin tidak dapat menggunakan fungsi penuh Platform atau Layanan kami.
  7. MELIHAT DAN MENGUNDUH KONTEN DAN IKLAN

    Sama seperti ketika menjelajahi halaman web, saat Anda menonton konten dan iklan, dan mengakses perangkat lunak di Platform kami atau melalui Layanan, sebagian dari informasi yang sama dikirimkan kepada kami (termasuk, dengan tidak terbatas pada, Alamat IP, sistem operasi, dsb.); tetapi bukannya tentang berapa kali halaman dilihat, komputer Anda mengirimkan informasi kepada kami tentang konten, iklan yang dilihat dan/atau perangkat lunak yang dipasang oleh Layanan dan Platform kami dan waktu.

  8. LAYANAN

    1. Kami menyediakan dukungan layanan pelanggan melalui, email, telepon dan formulir kritik & saran yang berada di Platform. Dalam rangka menyediakan dukungan pelanggan, kami akan meminta alamat email dan/atau nomor telepon genggam Anda. Kami hanya akan menggunakan informasi yang diterima dari permintaan dukungan pelanggan, termasuk namun tidak terbatas pada alamat email, untuk layanan dukungan pelanggan dan kami tidak mengalihkan atau membagikan informasi ini dengan pihak ketiga mana pun.
  9. SURVEI

    Dari waktu ke waktu, kami mungkin meminta informasi dari pengguna melalui survei. Partisipasi dalam survei ini sepenuhnya bersifat sukarela dan karenanya Anda memiliki pilihan untuk mengungkapkan informasi Anda kepada kami atau tidak. Informasi yang diminta dapat mencakup, dengan tidak terbatas pada informasi kontak (seperti alamat email Anda), informasi demografis (seperti minat atau tingkat usia). Informasi survei akan digunakan untuk tujuan memantau atau meningkatkan penggunaan dan kepuasan Layanan serta tidak akan dialihkan ke pihak ketiga, selain kontraktor kami yang membantu kami mengelola atau menindaklanjuti survei.

  10. BAGAIMANA KAMI MENGGUNAKAN INFORMASI YANG ANDA BERIKAN KEPADA KAMI?

    1. Kami dapat mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau mengolah data pribadi Anda untuk satu atau lebih dari tujuan-tujuan berikut ini:

      (a) menjalankan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada uji tuntas pelanggan, analisis atau penilaian pinjaman, tagihan dan pelunasan fasilitas pinjaman;

      (b) mempertimbangkan dan/atau mengolah aplikasi/transaksi Anda dengan kami atau pemberi pinjaman, atau transaksi maupun komunikasi Anda dengan pihak ketiga melalui Layanan;

      (c) mengelola, mengoperasikan, menyediakan dan/atau mengurus penggunaan dan/atau akses Anda ke Layanan kami dan Platform kami, serta hubungan Anda dan akun pengguna Anda dengan kami.

      (d) mengelola, mengoperasikan, mengurus, menyediakan kepada Anda dan memfasilitasi pengadaan Layanan kami, termasuk, dengan tidak terbatas pada, mengingat preferensi Anda;

      (e) menyesuaikan pengalaman Anda melalui Layanan dengan menampilkan konten sesuai dengan minat dan preferensi Anda, menyediakan metode yang lebih cepat untuk Anda mengakses akun Anda dan mengirimkan informasi kepada kami serta mengizinkan kami untuk menghubungi Anda, jika perlu;

      (f) menanggapi, mengolah, berurusan dengan atau menyelesaikan transaksi dan/atau memenuhi permintaan Anda untuk produk dan layanan tertentu serta memberi tahu Anda tentang masalah layanan dan tindakan akun yang tidak lazim;

      (g) memberlakukan Persyaratan Layanan atau perjanjian lisensi pengguna akhir apapun yang berlaku;

      (h) melindungi keselamatan pribadi dan hak, kepemilikan atau keselamatan pihak lainnya;

      (i) untuk identifikasi dan/atau verifikasi;

      (j) mempertahankan dan memberikan setiap pembaruan perangkat lunak dan/atau pembaruan serta dukungan lainnya yang mungkin diperlukan dari waktu ke waktu untuk memastikan kelancaran Layanan kami;

      (k) berurusan dengan atau memfasilitasi layanan pelanggan, melaksanakan instruksi Anda, berurusan dengan atau menanggapi setiap pertanyaan yang diajukan oleh (atau ditujukan untuk diajukan oleh) Anda atau atas nama Anda;

      (l) menghubungi Anda atau berkomunikasi dengan Anda melalui panggilan telepon, pesan teks dan/atau pesan faks, email dan/atau surat pos atau cara lainnya untuk tujuan mengurus dan/atau mengelola hubungan Anda dengan kami atau penggunaan Layanan kami oleh Anda, seperti tetapi tidak terbatas pada mengomunikasikan informasi administratif kepada Anda yang berkaitan dengan Layanan kami. Anda mengakui dan setuju bahwa komunikasi semacam itu dapat dilakukan oleh kami dengan mengirimkan surat, dokumen atau pemberitahuan kepada Anda, yang dapat melibatkan pengungkapan data pribadi tertentu tentang Anda untuk melakukan pengiriman tersebut serta tercantum juga pada sampul luar amplop/paket pos;

      (m) mengadakan kegiatan penelitian, analisis dan pengembangan (termasuk, tetapi tidak terbatas pada, analisis data, survei, pengembangan produk dan layanan dan/atau pembuatan profil), untuk menganalisis bagaimana Anda menggunakan Layanan kami, meningkatkan Layanan atau produk kami dan/atau meningkatkan pengalaman pelanggan Anda

      (n) memungkinkan audit dan survei lainnya untuk, antara lain, memvalidasi ukuran dan komposisi audiens sasaran kami, serta memahami pengalaman mereka dengan Layanan Lentera;

      (o) apabila Anda memberikan persetujuan Anda sebelumnya kepada kami untuk pemasaran dan dalam hal ini, untuk mengirimkan kepada Anda melalui berbagai cara komunikasi seperti misalnya surat pos, email, layanan berbasis lokasi atau kalau tidak, informasi dan materi pemasaran dan promosi yang berkaitan dengan produk dan/atau layanan (termasuk, dengan tidak terbatas pada, produk dan/atau layanan pihak ketiga yang mungkin bekerja sama atau terikat dengan Lentera) yang mungkin dijual, dipasarkan atau dipromosikan oleh Lentera (dan/atau afiliasi atau perusahaan terkaitnya), baik apakah produk atau layanan tersebut sudah ada sekarang atau diciptakan di masa mendatang;

      (p) menanggapi proses hukum atau mematuhi atau sebagaimana diwajibkan oleh setiap hukum, persyaratan pemerintah atau peraturan yang berlaku dengan yurisdiksi yang relevan, termasuk, dengan tidak terbatas pada, memenuhi persyaratan untuk melakukan pengungkapan berdasarkan persyaratan hukum yang mengikat Lentera atau perusahaan terkait atau afiliasinya;

      (q) menghasilkan statistik dan penelitian untuk pelaporan internal dan yang diwajibkan oleh hukum dan/atau persyaratan penyimpanan arsip;

      (r) melaksanakan uji tuntas atau kegiatan penyaringan lainnya (termasuk, dengan tidak terbatas pada, pemeriksaan latar belakang) sesuai dengan kewajiban hukum atau peraturan atau prosedur manajemen risiko kami yang mungkin diwajibkan oleh hukum atau yang telah diberlakukan oleh kami;

      (s) mengaudit Layanan kami atau bisnis Lentera;

      (t) mencegah atau menyelidiki setiap penipuan, kegiatan yang melanggar hukum, kelalaian atau kesalahan, baik yang berhubungan dengan penggunaan Layanan kami oleh Anda atau setiap hal lain apapun yang timbul dari hubungan Anda dengan kami, dan baik apakah ada kecurigaan tentang hal tersebut di atas atau tidak;

      (u) menyimpan, menyelenggarakan, membuat cadangan (baik untuk pemulihan setelah bencana atau hal lainnya) data pribadi Anda di Indonesia baik di dalam maupun di luar yurisdiksi Anda;

      (v) berurusan dengan/dan atau memfasilitasi transaksi aset bisnis atau transaksi aset bisnis yang potensial, di mana transaksi tersebut melibatkan Lentera sebagai peserta atau hanya melibatkan perusahaan terkait atau afiliasi dari Lentera sebagai peserta atau melibatkan Lentera dan/atau satu atau lebih perusahaan terkait atau afiliasi dari Lentera sebagai peserta, dan mungkin juga ada organisasi pihak ketiga lainnya yang menjadi peserta dalam transaksi tersebut. “Transaksi aset bisnis” mengacu pada pembelian, penjualan, penyewaan, penggabungan, peleburan atau bentuk akuisisi, pelepasan atau pembiayaan suatu organisasi atau bagian dari suatu organisasi atau bisnis maupun aset apapun dari suatu organisasi; dan/atau

      (w) setiap tujuan lain yang akan kami beritahukan kepada Anda pada saat memperoleh persetujuan Anda.

      (secara bersama-sama disebut sebagai “Tujuan”).

    2. Karena tujuan kami akan/mungkin mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan atau mengolah data pribadi Anda tergantung pada situasi yang dihadapi, tujuan tersebut mungkin tidak tertera di atas. Akan tetapi, kami akan memberi tahu Anda tentang tujuan lain semacam itu pada saat memperoleh persetujuan Anda, kecuali pengolahan data yang berlaku tanpa persetujuan Anda diizinkan oleh Peraturan Privasi.
  11. BAGAIMANA LENTERA MELINDUNGI INFORMASI PELANGGAN?

    Kami menerapkan berbagai langkah pengamanan untuk memastikan keamanan data pribadi Anda di sistem kami. Data pribadi pengguna berada di belakang jaringan yang aman dan hanya dapat diakses oleh sejumlah kecil karyawan yang memiliki hak akses khusus ke sistem tersebut. Kami akan menyimpan data pribadi sesuai dengan Peraturan Privasi dan/atau hukum lain yang berlaku. Yaitu, kami akan memusnahkan atau membuat anonim data pribadi Anda segera setelah merupakan hal yang wajar untuk mengasumsikan bahwa (i) tujuan data pribadi tersebut dikumpulkan tidak lagi tercapai dengan penyimpanan data pribadi tersebut; dan (ii) penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan hukum atau bisnis apapun. Apabila Anda berhenti menggunakan Platform, atau izin Anda untuk menggunakan Platform dan/atau Layanan diakhiri, kami dapat terus menyimpan, menggunakan dan/atau mengungkapkan data pribadi Anda sesuai dengan Kebijakan Privasi ini dan kewajiban kami berdasarkan Peraturan Privasi. Dengan tunduk pada hukum yang berlaku, kami dapat membuang data pribadi Anda secara aman tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Anda.

  12. APAKAH LENTERA MENGUNGKAPKAN INFORMASI YANG DIKUMPULKANNYA DARI PENGUNJUNG KEPADA PIHAK LUAR?

    1. Dalam menjalankan bisnis kami, kami akan/mungkin perlu mengungkapkan data pribadi Anda kepada penyedia layanan pihak ketiga, agen dan/atau afiliasi atau perusahaan terkait kami, dan/atau pihak ketiga lainnya, untuk satu atau lebih Tujuan yang disebutkan di atas. Penyedia layanan pihak ketiga, agen dan/atau afiliasi atau perusahaan terkait dan/atau pihak ketiga lainnya tersebut akan mengolah data pribadi Anda atas nama kami atau pihak lainnya, untuk satu atau lebih Tujuan yang disebutkan di atas. Pihak ketiga tersebut termasuk, dengan tidak terbatas pada:

      (a) anak perusahaan, afiliasi dan perusahaan terkait kami;

      (b) kontraktor, agen, penyedia layanan dan pihak ketiga lainnya yang kami gunakan untuk mendukung bisnis kami. Ini termasuk tetapi tidak terbatas pada mereka yang menyediakan layanan administratif atau lainnya kepada kami seperti, jasa pos, perusahaan telekomunikasi, perusahaan teknologi informasi dan pusat data;

      (c) pembeli atau penerus lainnya dalam hal terjadi penggabungan, divestasi, restrukturisasi, reorganisasi, pembubaran atau penjualan atau pengalihan lainnya atas beberapa atau semua aset Lentera, baik secara berkelanjutan atau sebagai bagian dari kepailitan, likuidasi atau proses serupa, di mana data pribadi yang dimiliki oleh Lentera tentang pengguna Layanan kami adalah salah satu aset yang dialihkan; atau kepada rekanan dalam suatu transaksi aset bisnis yang melibatkan Lentera atau salah satu afiliasi atau perusahaan terkaitnya; dan

      (d) pihak ketiga kepada siapa kami mengungkapkan data tersebut untuk satu atau lebih Tujuan dan pihak ketiga tersebut pada gilirannya akan mengumpulkan dan mengolah data pribadi Anda untuk satu atau lebih Tujuan.

    2. Ini mungkin memerlukan, antara lain, berbagi informasi statistik dan demografis tentang pengguna kami dan penggunaan Layanan oleh mereka kepada pemasok iklan dan pemrograman. Ini tidak akan termasuk hal apapun yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi Anda secara khusus atau menemukan informasi pribadi tentang diri Anda.
    3. Untuk menghindari keraguan, dalam hal Peraturan Privasi atau hukum yang berlaku lainnya mengizinkan suatu organisasi seperti kami untuk mengumpulkan, menggunakan atau mengungkapkan data pribadi Anda tanpa persetujuan Anda, izin yang diberikan oleh hukum tersebut akan terus berlaku.
    4. Pihak ketiga mungkin menyadap atau mengakses data pribadi yang dikirimkan ke atau tersimpan di Platform tanpa izin, teknologi mungkin mengalami kerusakan fungsi atau tidak bekerja seperti yang diharapkan, atau seseorang mungkin mengakses, memanfaatkan atau menyalahgunakan informasi tanpa ada kesalahan dari pihak kami. Meski demikian kami akan menggunakan pengaturan keamanan yang wajar untuk melindungi data pribadi Anda seperti yang disyaratkan oleh Peraturan Privasi; akan tetapi tidak dapat dihindari, tidak ada jaminan keamanan mutlak seperti tetapi tidak terbatas pada pengungkapan tanpa izin yang timbul dari peretasan yang berbahaya dan canggih oleh pihak yang tidak senang atau memusuhi tanpa adanya kesalahan dari pihak kami.
  13. INFORMASI TENTANG ANAK-ANAK

    Layanan ini bukan ditujukan untuk anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun. Kami tidak secara sengaja mengumpulkan atau memelihara data pribadi atau informasi yang-tidak-bisa-diidentifikasi-secara pribadi dari siapapun yang berumur di bawah 10 tahun. Begitu pula dengan Platform atau Layanan lain kami tidak ditujukan untuk anak-anak yang berumur di bawah 10 tahun. Kami akan menutup akun yang digunakan secara ekslusif oleh anak-anak tersebut dan akan menghilangkan dan/atau menghapus data pribadi yang kami percaya telah dikirimkan oleh anak yang berumur di bawah 10 tahun.

  14. PENYANGKALAN TENTANG KEAMANAN DAN SITUS PIHAK KETIGA

    1. KAMI TIDAK MENJAMIN KEAMANAN DATA PRIBADI DAN/ATAU INFORMASI LAIN YANG ANDA BERIKAN DI SITUS PIHAK KETIGA. Kami menerapkan berbagai langkah pengamanan untuk menjaga keamanan data pribadi Anda yang kami miliki atau berada di bawah kendali kami. Data pribadi Anda berada di belakang jaringan yang aman dan hanya dapat diakses oleh sejumlah kecil orang yang memiliki hak akses khusus ke sistem tersebut, dan diwajibkan untuk menjaga kerahasiaan data pribadi tersebut. Saat Anda melakukan pesanan atau mengakses data pribadi Anda, kami menawarkan penggunaan server yang aman. Semua data pribadi atau informasi sensitif yang Anda berikan dienkripsi ke dalam basis data kami hanya untuk diakses seperti yang disebutkan di atas.
    2. Dalam upaya untuk memberikan nilai yang lebih baik kepada Anda, kami mungkin memilih berbagai situs web pihak ketiga untuk ditautkan dan dibingkai dalam Platform. Kami juga dapat berpartisipasi dalam pencitraan merek bersama dan hubungan lainnya untuk menawarkan perdagangan elektronik serta layanan dan fitur lainnya kepada pengunjung kami. Situs tautan ini memiliki kebijakan privasi serta pengaturan keamanan yang terpisah dan berdiri sendiri. Bahkan jika pihak ketiga tersebut terafiliasi dengan kami, kami tidak memiliki kendali atas situs tautan tersebut, dan masing-masing situs tersebut memiliki praktik privasi dan pengumpulan data yang terpisah dari kami dan berdiri sendiri. Data yang dikumpulkan oleh mitra kami dalam pencitraan merek bersama atau situs web pihak ketiga (bahkan jika ditawarkan di atau melalui Platform kami) mungkin tidak diterima oleh kami.
    3. Oleh karena itu, kami tidak bertanggung jawab atau memiliki kewajiban apapun atas konten, pengaturan keamanan (atau kekurangan daripadanya) dan kegiatan dalam situs tertaut ini. Situs tertaut ini hanya untuk kenyamanan Anda dan karenanya Anda mengaksesnya dengan risiko Anda sendiri. Meski demikian, kami berupaya untuk melindungi integritas Platform kami dan masing-masing tautan yang ditempatkan dan karenanya kami menyambut setiap umpan balik tentang situs tertaut tersebut (termasuk, dengan tidak terbatas pada, bila tautan tertentu tidak berfungsi).
  15. BAGAIMANA ANDA DAPAT MENOLAK PEMBERIAN IZIN, MENGHAPUS, MEMINTA AKSES ATAU MENGUBAH INFORMASI YANG TELAH ANDA BERIKAN KEPADA KAMI?

    1. Menolak Pemberian Izin dan Mencabut Persetujuan
      1. Untuk mengubah langganan email Anda, silakan beri tahu kami dengan mengirimkan email kepada kami ke alamat yang tercantum di bawah. Harap diperhatikan bahwa karena adanya jadwal produksi email, Anda mungkin masih menerima email yang sudah diproduksi.
      2. Anda dapat mencabut persetujuan Anda untuk pengumpulan, penggunaan dan/atau pengungkapan data pribadi Anda yang kami miliki atau berada di bawah kendali kami dengan mengirimkan email kepada kami ke alamat email yang tercantum di bawah di Bagian 16.2.
      3. Setelah kami menerima instruksi pencabutan yang jelas dari Anda dan memverifikasi identitas Anda, kami akan memproses permintaan Anda untuk pencabutan persetujuan, dan setelahnya kami tidak akan mengumpulkan, menggunakan dan/atau mengungkapkan data pribadi Anda dengan cara yang diuraikan dalam permintaan Anda. Apabila kami tidak dapat memverifikasi identitas Anda atau memahami instruksi Anda, kami akan menghubungi Anda untuk memahami permintaan Anda.
      4. Akan tetapi, pencabutan persetujuan Anda dapat menyebabkan akibat hukum tertentu yang timbul dari pencabutan tersebut. Dalam hal ini, tergantung pada sejauh mana pencabutan persetujuan untuk kami mengolah data pribadi Anda, ini dapat berarti bahwa kami tidak akan dapat terus menyediakan Layanan kepada Anda, kami mungkin perlu mengakhiri hubungan dan/atau kontrak yang Anda miliki dengan kami, dsb., sesuai keadaannya, yang akan kami beritahukan kepada Anda.
    2. Permohonan Akses dan/atau Pembetulan Data Pribadi
      1. Apabila Anda memiliki akun dengan kami, Anda dapat mengakses dan/atau membetulkan sendiri data pribadi Anda yang saat ini kami miliki atau kendalikan melalui halaman Pengaturan Akun di Platform. Apabila Anda tidak memiliki akun dengan kami, Anda dapat memohon akses dan/atau membetulkan data pribadi Anda yang saat ini kami miliki atau kendalikan dengan mengirimkan permintaan tertulis kepada kami. Kami akan membutuhkan informasi yang cukup dari Anda untuk memastikan identitas Anda serta sifat permohonan Anda agar kami dapat menangani permohonan Anda. Oleh karena itu, silakan kirim permohonann tertulis Anda dengan mengirimkan email kepada kami ke alamat email yang tercantum di bawah di Bagian 16.2.
      2. Untuk permohonan akses data pribadi, setelah kami memiliki informasi yang cukup dari Anda untuk menangani permohonan tersebut, kami akan berusaha untuk memberikan data pribadi yang bersangkutan kepada Anda dalam 30 hari. Apabila kami tidak dapat menanggapi Anda dalam 30 hari, kami akan memberi tahu Anda kapan paling cepat kami dapat memberikan informasi yang diminta kepada Anda. Harap diperhatikan bahwa permintaan akses untuk jenis data pribadi tertentu mungkin tidak diperbolehkan oleh Peraturan Privasi.
      3. Untuk permohonan pembetulan data pribadi, setelah kami memiliki informasi yang cukup dari Anda untuk menangani permohonan, kami akan:

        (a) membetulkan data pribadi Anda dalam waktu 30 hari. Apabila kami tidak dapat melakukannya dalam jangka waktu tersebut, kami akan memberi tahu Anda kapan paling cepat kami dapat melakukan pembetulan. Harap diperhatikan bahwa permohonan pembetulan untuk jenis data pribadi tertentu mungkin tidak diperbolehkan oleh Peraturan Privasi dan ada situasi tertentu di mana pembetulan tidak perlu dilakukan oleh kami meskipun Anda mengajukan permohonan pembetulan tersebut; dan

        (b) mengirimkan data pribadi yang sudah dibetulkan ke setiap organisasi lain ke mana data pribadi tersebut telah diungkapkan oleh kami dalam waktu satu tahun sebelum tanggal pembetulan dilakukan, kecuali bila organisasi lain tersebut tidak membutuhkan data pribadi yang sudah dibetulkan untuk tujuan hukum atau bisnis apapun.

      4. Menyimpang dari sub ayat (b) di atas, kami hanya dapat, jika Anda memintanya, mengirimkan data pribadi yang sudah dibetulkan kepada organisasi tertentu ke mana data pribadi tersebut telah diungkapkan oleh kami dalam waktu satu tahun sebelum tanggal pembetulan dilakukan.
      5. Kami juga akan/dapat mengenakan biaya yang wajar kepada Anda untuk penanganan dan pemrosesan permohonan Anda untuk mengakses data pribadi Anda. Apabila kami memilih untuk mengenakan biaya, kami akan memberikan perkiraan biaya yang akan kami kenakan kepada Anda secara tertulis. Harap diperhatikan bahwa kami tidak diwajibkan untuk menanggapi atau menangani permohonan akses Anda kecuali Anda telah setuju untuk membayar biaya tersebut.
      6. Kami berhak untuk menolak membetulkan data pribadi Anda sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Peraturan Privasi, apabila ketentuan tersebut mewajibkan dan/atau memberikan hak kepada suatu organisasi untuk menolak membetulkan data pribadi dalam situasi yang dinyatakan.
  16. PERTANYAAN, MASALAH ATAU KELUHAN? HUBUNGI KAMI

    1. Apabila Anda memiliki pertanyaan atau masalah mengenai praktik privasi kami atau penggunaan Layanan oleh Anda, silahkan menghubungi kami pada cs@lenteradana.co.id atau melalui formulir pada Pusat Bantuan Shopee.
    2. Jika Anda memiliki keluhan atau masalah terkait dengan cara kami menangani data pribadi Anda atau tentang bagaimana kami mematuhi Peraturan Privasi, silahkan menghubungi kami dengan menjelaskan keluhan atau masalah Anda.

      Untuk keluhan atau masalah Anda, silakan hubungi kami melalui:

      Email: cs@lenteradana.co.id atau melalui formulir pada Pusat Bantuan Shopee.

      Telepon: 021-8086 4290 atau 1500702

    3. Apabila Anda mengirimkan keluhan melalui email atau surat, mohon indikasikan di bagian perihal bahwa email tersebut merupakan keluhan mengenai Peraturan Privasi agar dapatmembantu kami menanggapi keluhan Anda dengan lebih cepat dengan memberikannya kepada staf terkait di dalam organisasi kami untuk menanganinya. Misalnya, Anda dapat menuliskan perihal “Keluhan Privasi”.

      Kami akan berusaha untuk menangani setiap keluhan atau pengaduan yang mungkin Anda miliki secara adil dan sesegera mungkin.

  17. SYARAT DAN KETENTUAN

    Silakan baca juga Persyaratan Layanan kami yang menetapkan penggunaan, penyangkalan, dan batasan tanggung jawab yang mengatur penggunaan Platform dan Layanan serta kebijakan terkait lainnya.

  18. KEBIJAKAN KEAMANAN INFORMASI

    Manajemen dan seluruh karyawan PT Lentera Dana Nusantara bertekad untuk menjamin kelangsungan layanan TI dan meminimalisasi kerugian atas layanan TI dengan melindungi informasi dari ancaman terhadap kerahasiaan (confidentiality), keutuhan (integrity) dan ketersediaannya (availability).

    Untuk mencapai sasaran tersebut, PT Lentera Dana Nusantara melaksanakan penerapan SMKI dengan cara:

    1. Menetapkan sasaran keamanan informasi
    2. Mendorong kegiatan pengamanan informasi dan pencegahan insiden keamanan informasi dengan melaksanakan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) ISO/IEC 27001.
    3. Mengelola ketersediaan dari sumber daya yang dibutuhkan dalam rangka implementasi SMKI.
    4. Menaati hukum dan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan keamanan informasi.
    5. Meningkatkan kesadaran seluruh karyawan akan pentingnya keamanan informasi.
    6. Melakukan asesmen risiko keamanan informasi.
    7. Memastikan koordinasi implementasi kontrol keamanan informasi telah dilakukan secara berkala.
    8. Melaksanakan peningkatan yang berkesinambungan dalam penerapan SMKI.

DISCLAIMER

Untuk diperhatikan:
  1. Layanan Pinjam Meminjam Berbasis Teknologi Informasi merupakan kesepakatan dan hubungan perdata antara Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman, sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.
  2. Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Pinjaman. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas risiko gagal bayar ini.
  3. Penyelenggara dengan persetujuan dari masing-masing Pengguna (Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman) mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola dan/atau menggunakan data pribadi Pengguna ("Pemanfaatan Data") pada atau di dalam benda, perangkat elektronik (termasuk smartphone atau telepon seluler), perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), dokumen elektronik, aplikasi atau sistem elektronik milik Pengguna atau yang dikuasai Pengguna, dengan memberitahukan tujuan, batasan dan mekanisme Pemanfaatan Data tersebut kepada Pengguna yang bersangkutan sebelum memperoleh persetujuan yang dimaksud.
  4. Pemberi Pinjaman yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pinjam meminjam, disarankan untuk tidak menggunakan layanan ini.
  5. Penerima Pinjaman harus mempertimbangkan tingkat bunga pinjaman dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi pinjaman.
  6. Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial serta dapat menjadi alat bukti hukum yang sah menurut peraturan mengenai informasi dan transaksi elektronik dalam proses penyelesaian sengketa dan penegakan hukum.
  7. Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum membuat keputusan menjadi Pemberi Pinjaman atau Penerima Pinjaman. Keputusan Pengguna untuk memanfaatkan layanan merupakan suatu wujud dan bukti pemahaman atas informasi ini.
  8. Pemerintah yaitu dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan, tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan oleh Pengguna, baik Pemberi Pinjaman maupun Penerima Pinjaman (baik karena kesengajaan atau kelalaian Pengguna) terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan maupun kesepakatan atau perikatan antara Penyelenggara dengan Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman.
  9. Setiap transaksi dan kegiatan pinjam meminjam atau pelaksanaan kesepakatan mengenai pinjam meminjam antara atau yang melibatkan Penyelenggara, Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman wajib dilakukan melalui Rekening Escrow dan Rekening Virtual sebagaimana yang diwajibkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dan pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap ketentuan tersebut merupakan bukti telah terjadinya pelanggaran hukum oleh Penyelenggara sehingga Penyelenggara wajib menanggung ganti rugi yang diderita oleh masing-masing Pengguna sebagai akibat langsung dari pelanggaran hukum tersebut di atas tanpa mengurangi hak Pengguna yang menderita kerugian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.